BAGIMU - BAGI BAGI ILMU

Pengetahuan tentang apa saja , ADA DISINI !

ARTIKEL BERMANFAAT BAGIMU - BAGI BAGI ILMU

#Selalu update info terbaru tentang apa saja

PENGERTIAN KOPDAR

"KOPDAR .. KOPDAR .. KOPDAR"

SESUAI DENGAN TEMA YAITU KOPDAR 

Tentu sudah tidak asing lagi di teling kita dengan kalimat
KOPDAR .... KOPDAR ..... KOPDAR .....

Apa sih KOPDAR itu ???
Apa sih manfaatnya KOPDAR ???

yukk kita bahas ....

---


KOPDAR ... ucapan yang sering kali di gunakan oleh para BIKERS , entah itu dari komunitas manapun atau club manapun .
Bahasanya sih kopdar , akan tetapi dalam konteks arti sebenarnya KOPDAR itu adalah kumpul kumpul ..






KOPDAR ITU ..
ARTINYA KOPI DARAT ,
Biasa janjian untuk ketemu atau tatap muka secara langsung disuatu tempat yang sudah disepakati bersama .
Mayoritas orang yang bersepakat melakukan kopdar adalah mereka yang belum pernah bertemu sebelumnya dan mengenal satu sama lain .

SEJARAH KOPDAR , pertama kali dipopulerkan oleh Sys Ns dari radia Prambors jakarta dalam segment WARKOP di era akhir 70an , dan pada waktu itu ikut dipopulerkan oleh ORARI (Radio Breaker) yang sempat merajai indonesia di tahun 82-84.



maksud dan tujuan kopdar. Kopi darat adalah sebuah istilah yang mengacu kepada ajang pertemuan antar sesama pengguna yang umumnya sudah saling kenal lewat handpone atau komunikasi radio dan Internet. Istilah ini awalnya populer di antara kalangan pengguna radio amatir, karena pengguna radio amatir berkenalan di "udara" sehingga tidak saling mengenal muka. Hal ini biasanya ditindaklanjuti dengan mengadakan pertemuan (temu muka).


Seiring kemajuan teknologi, istilah ini juga digunakan untuk pertemuan tindak-lanjut perkenalan melalui internet, biasanya oleh situs-situs sosial seperti pesan instan (chatting), situs pertemanan, komunitas maya, dan lain sebagainya. Apabila diartikan menurut pemahaman para pengguna istilah tersebut di zaman sekarang (tepatnya disesuaikan dengan trend zaman sekarang),

Apa sih maksud tujuan Kopi Darat, diantaranya :
  1. Untuk menjalin komunikasi yang aktif, nyata dan terbuka.
  2. Untuk saling mengenal satu dengan yang lainnya antara sesama member (lama & baru), tua-muda, besar-kecil, pria-wanita, para pengurus, atau para simpatisan sekalipun.
  3. Mempererat tali persaudaraan, rasa kekeluargaan, pertemanan, kekerabatan diantara kita semua yang notabene adalah para penghuni dalam organisasi tersebut dimanapun berada.
  4. Memecahkan segala bentuk permasalahan yang muncul jika ada, mencari solusi dan jalan keluar dengan rasa kekeluargaan, tanggung jawab, serta tetap menjaga komitmen & munjunjung tinggi harkat, martabat dan kaidah berorganisasi atau berkelompok dalam satu wadah komunitas.
  5. Membuka wawasan cakrawala dalam membina relation/hubungan antara sesama member aktif-pasif, baru-lama, tua-muda, pengurus-member, daerah-pusat dan seterusnya.
  6. Untuk saling membina hubungan baik dan menjaga nama baik antar sesama.


Apa sih Manfaat yang di peroleh dari Kopi Darat, diantaranya :
  1. Bisa saling bertukar informasi, wawasan, pengalaman, ide & konsep demi kemajuan bersama atas dasar kepentingan Organisasi.
  2. Bisa Membuat suasana baru untuk menghilangkan kejenuhan beraktifitas di pekerjaan / rutinitas lain dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Bisa menimbulkan kesan yang mendalam, sehingga akan menimbulkan keinginan-keinganan berikutnya untuk bisa kumpul bareng lagi dalam suasana asik, hangat, penuh canda tawa, dan kekeluargaan.
  4. Menghilangkan Stresss!!!!......Sebagai Media Hiburan.........Setelah sibuk berutinitas, ada kalanya kita rileks, melepas kepenatan dengan ngumpul bareng, ngomongin sesuatu hal.
Setiap sesuatu hal ada positif dan negatifnya, kita pasti ingin sesuatu yang bersifat positif dan tidak menginkan  sesuatu yang sifatnya negatif, karena akan membawa diri kita sendiri juga orang lain yang akhirnya menjadi suatu permasalahan. 




Tak jarang banyak juga yang menjadikan kopi darat sebagai suatu hal yang negatif, yah yang pasti kita sudah mengetauinya sendiri atau mungkin belom mengetahuinya. Tapi, yang pasti komunikasi yang aktif, nyata dan terbuka dengan cara kita bertatap secara langsung dengan seseorang akan memberi nilai tambah yang berarti ketimbang kita berkomunikasi hanya dibalik handpone atau internet.

Sobat mari bersama kita jadikan kopi darat sebagai ajak yang positif untuk bersosialisasi dalam berorganisasi, kita jadikan kopi darat adalah suatu hal yang sangat berarti agar kita dapat menjadi pribadi yang berarti untuk orang-orang yang disekitar kita.

JANGAN LUPA KOPDAR YAH BRO !!

2 comments

Author
avatar
Balas
Author
avatar

mengapa kompdar itu biasaya dilakukan malam sabtu?

Balas